Temukan Peluang Bisnis dan Menjadi Sukses

Temukan Peluang Bisnis dan Menjadi Sukses

Dalam bukunya tentang 99 Perbedaan Cara Mengelola Waktu antara Milyader vs Orang Biasa,  Monica Anggen & Erlita Pratiwi berbagi satu fakta bahwa mereka yang sukses adalah mereka yang bisa menemukan peluang,  sementara orang biasa selalu sibuk mencari peluang.  Apa bedanya? (more…)

8 Tips Sukses Berbisnis

8 Tips Sukses Berbisnis

Tips Sukses Berbisnis – Sudah punya bisnis? Sudah! Mau bisnisnya sukses? Ya mau dong! Siap untuk melakukan upaya agar sukses? Siap! Mau tau kunci suksesnya ? Nah ini dia 8 kunci sukses berbisnis. Mari kita cek n ricek apa kita sudah melakukan semuanya?

1. PASSION / HASRAT
Ini paling penting untuk bisa sukses. Lakukanlah – berbisnislah – hal yang benar-benar kita minati, yang benar-benar kita punya hasrat dan ketertarikan yang besar disitu. Jadi paling enak itu berbisnis yang sesuai dengan hobi atau kesenangan kita. Kenapa begitu? Soalnya klo sudah suka, sudah seneng pasti mau deh ngerjain apa aja. Sukses Berbisnis harus diawali dengan hasrat yang membara.

2. WORK / ACTION
Klo sudah punya bisnis atau minimal sudah tau nih mau bisnis apa. Nah yang harus dilakukan berikutnya adalah ACTION alias dikerjain jangan cuma direncanain, diangan-anganin, diurek-urek (mod: dicorat-coret) terus di kertas. Harus diKERJAKAN, ACTION harus jelas. Plan dibuat dan habis itu harus diikuti sama ACTION nyata ya.

3. FOCUS / FOKUS
Lakukan hal-hal yang direncanakan, hal-hal yang harus dilakukan dengan benar-benar memusatkan perhatian kita. Klo bahasa sananya “One at a time” alias fokus pada satu hal. Punya banyak ide boleh, tapi eksekusi satu persatu. Tips Sukses Berbisnis ini nih yang paling sulit dilakukan,  terutama bagi pemula yang rasanya pengen aja ngejalanin segala bentuk bisnis.

4. PUSH / DAYA DORONG
Untuk bisa ajeng dan konsisten mengerjakan hal2 yang harus dikerjakan maka kita harus punya “Daya Dorong”. Nah apa sih hal-hal yang bisa menjadi daya pendorong kita supaya konsisten dan enggak mandek atau males2an ngerjain bisnis kita? Banyak kok dan sifatnya memang sangat individual. Ada yang untuk masa depan keluarga, ada yang karena kepepet bayar hutang; ada yang mau ganti mobil ah banyak deh. Yang pasti temukan daya pendorong yang efektif bagi kita masing-masing.

5. IDEAS/ IDE-IDE
Gali terus ide-ide untuk mengembangkan, memperbaiki bisnis kita. Kadang satu dua cara yang terus menerus dilakuan memberikan hasil yang itu2 saja nah karena itu kita harus menemukan ide-ide baru dan setiap kali suatu ide muncul langsung dicatet dan dicobakan. Kadang ide-ide “gila’ bisa membawa hasil yang luar biasa lho.  Jangan batasi diri dalam menemukan ide bisnis yang paling tepat untuk kamu jalani.

6. IMPROVE / IMPROVISASI
Ini ada kaitannya sama no. 5 diatas. Kadang kita harus bisa melakukan perbaikan, pengembangan dalam bisnis kita yang bisa membuat kita tetap dicari oleh pelanggan, yang buat kita berbeda dari pesaing kita. Manusia itu pada dasarnya pembosan, jadi improvisasi akan selalu menarik perhatian orang.

7. SERVE / PELAYANAN
Nah, namanya berbisnis salah satu “jiwa’nya adalah MELAYANI. Harus bin kudu bin wajib buat para pebisnis untuk memberikan PELAYANAN TERBAIK kepada para pelanggan atau pengguna jasa. Pelayanan yang baik adalah kunci keberhasilan pebisnis untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Meski produk oke banget klo pelayanan gak oke biasanya sih pelanggan gak pada betah.  Kalau pembeli enggak balik lagi dan pelanggan kabur,  waduuuuuh alamat gagal deh Sukses Berbisnis nya

8. PERSIST / AJEG
Untuk bisa berhasil maka semua hal yang harus dan perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kita ini ya harus dilakukan secara “ajeg”. Harus ditekuni, diseriusi. Jangan “on”-“off”. Tahapan awal selalu yang tersulit tapi justru disitu “seni’nya, justru disitu “seleksi alamnya’. Hanya mereka-mereka yang mau tekun yang pasti akan berhasil.

Nah itu dia 8 Tips Sukses Berbisnis yang menjamin keberhasilan bisnis kamu, kira-kira sudah melakukan semuanya belum ya?

Hayoooo ….. Yuuuk sama2 kita introspeksi biar sama2 sukses ya.

Ide Bisnis Rumahan

Ide Bisnis Rumahan

 

Sejak beberapa tahun terakhir ini semakin banyak orang yang terjun menjadi wirausaha atau pebisnis.  Kondisi ini dipicu oleh banyaknya terjadi PHK oleh beberapa perusahaan besar,  dan selain itu semakin banyak pekerja kantoran yang mulai menemukan bahwa menekuni karir sebagai pegawai kantoran bukanlah pilihan yang tepat untuk bisa mendapatkan kebebasan finansial.  Menjadi wirausaha adalah pilihan yang lebih menjanjikan dan memang sudah cukup banyak terbukti.

Saat ini,  bukan hanya pria yang memutuskan untuk menekuni bisnis menjadi wirausaha tetapi juga para wanita dan tidak ketinggalan para ibu rumah tangga.  Mompreneur saat ini sudah menjangkiti para ibu rumah tangga yang beramai-ramai memanfaatkan gadget yang dimiliki serta menjamurnya sosial media untuk berbisnis online.  Tapi,  bila Anda ingin berbisnis (online maupun offline) jangan asal-asalan.  Mulailah dengan menentukan ide bisnis atau ide usaha yang benar-benar tepat.  Bagaimana sih menentukan ide bisnis atau ide usaha yang tepat?

Pilihlah bisnis yang memang benar-benar cocok untuk kamu jalani dan ide bisnis atau ide usaha yang tepat bisa diperoleh dari :

  1. Hobi atau minat dan kesenangan kamu
  2. Saran teman yang sudah sukses menekuni suatu bisnis
  3. Mencari peluang bisnis baru

Banyak ide bisnis rumahan yang bisa kamu gali dari hobi atau minat yang sedang kamu tekuni.  Enggak usah bingung-bingung,  sebab saat ini pilihan bisnis sudah terbuka luas.  Apapun hobi dan minat kamu,  bisa kamu jadikan bisnis.  Bila kamu suka menulis,  maka kamu bisa menjadi penulis artikel, kontributor, bahkan menulis buku atau e-book.  Kalau kamu suka kerajinan tangan,  maka tekunilah kerajinan tangan yang kamu lakukan hingga cukup baik untuk dipasarkan. Bahkan bila kamu punya hobi belanja, nah kamu bisa menjadikan hobi belanja kamu itu dengan membuka ol shop menjual produk tertentu sesuai dengan hobi belanja kamu. Seru kan.

Mengikuti ide bisnis atau ide bisnis rumahan yang sudah ditekuni oleh teman atau sahabat kamu. Mengapa? Karena kita bisa belajar dari teman atau sahabat yang tentunya dengan senang hati mengajari kamu.  Ya kan? Tapi,  tentu saja jangan main ikut-ikutan begitu saja ya,  kamu pun perlu mempelajari sistim bisnis tersebut dan jadikanlah teman atau sahabat itu menjadi mentor. Satu hal yang juga penting adalah jangan ingin sukses instant di bisnis tersebut karena kesuksesan teman dan sahabatmu,  sebab setiap orang tentunya mempunyai kemampuan yang berbeda.

Kamu juga bisa memulai bisnis dengan jeli melihat peluang bisnis,  jangan takut memulai bisnis yang belum ada sebab bisa saja justru banyak orang yang membutuhkan jasa tertentu namun belum ada yang tertarik untuk menjadikannya sebagai bisnis.  Sebagai contoh yang paling mudah adalah adanya ojek online yang dimulai dari kejelian melihat peluang bisnis yang belum dilirik orang.

Nah, sudah mulai terbayang akan menekuni bisnis apa sebagai langkah awal menjadikan diri kamu sebagai wirausaha atau pebisnis?  Jangan ragu-ragu,  mulai saja dengan menentukan ide bisnis atau ide usaha yang cocok untukmu.