Ide Bisnis Rumahan

Ide Bisnis Rumahan

 

Sejak beberapa tahun terakhir ini semakin banyak orang yang terjun menjadi wirausaha atau pebisnis.  Kondisi ini dipicu oleh banyaknya terjadi PHK oleh beberapa perusahaan besar,  dan selain itu semakin banyak pekerja kantoran yang mulai menemukan bahwa menekuni karir sebagai pegawai kantoran bukanlah pilihan yang tepat untuk bisa mendapatkan kebebasan finansial.  Menjadi wirausaha adalah pilihan yang lebih menjanjikan dan memang sudah cukup banyak terbukti.

Saat ini,  bukan hanya pria yang memutuskan untuk menekuni bisnis menjadi wirausaha tetapi juga para wanita dan tidak ketinggalan para ibu rumah tangga.  Mompreneur saat ini sudah menjangkiti para ibu rumah tangga yang beramai-ramai memanfaatkan gadget yang dimiliki serta menjamurnya sosial media untuk berbisnis online.  Tapi,  bila Anda ingin berbisnis (online maupun offline) jangan asal-asalan.  Mulailah dengan menentukan ide bisnis atau ide usaha yang benar-benar tepat.  Bagaimana sih menentukan ide bisnis atau ide usaha yang tepat?

Pilihlah bisnis yang memang benar-benar cocok untuk kamu jalani dan ide bisnis atau ide usaha yang tepat bisa diperoleh dari :

  1. Hobi atau minat dan kesenangan kamu
  2. Saran teman yang sudah sukses menekuni suatu bisnis
  3. Mencari peluang bisnis baru

Banyak ide bisnis rumahan yang bisa kamu gali dari hobi atau minat yang sedang kamu tekuni.  Enggak usah bingung-bingung,  sebab saat ini pilihan bisnis sudah terbuka luas.  Apapun hobi dan minat kamu,  bisa kamu jadikan bisnis.  Bila kamu suka menulis,  maka kamu bisa menjadi penulis artikel, kontributor, bahkan menulis buku atau e-book.  Kalau kamu suka kerajinan tangan,  maka tekunilah kerajinan tangan yang kamu lakukan hingga cukup baik untuk dipasarkan. Bahkan bila kamu punya hobi belanja, nah kamu bisa menjadikan hobi belanja kamu itu dengan membuka ol shop menjual produk tertentu sesuai dengan hobi belanja kamu. Seru kan.

Mengikuti ide bisnis atau ide bisnis rumahan yang sudah ditekuni oleh teman atau sahabat kamu. Mengapa? Karena kita bisa belajar dari teman atau sahabat yang tentunya dengan senang hati mengajari kamu.  Ya kan? Tapi,  tentu saja jangan main ikut-ikutan begitu saja ya,  kamu pun perlu mempelajari sistim bisnis tersebut dan jadikanlah teman atau sahabat itu menjadi mentor. Satu hal yang juga penting adalah jangan ingin sukses instant di bisnis tersebut karena kesuksesan teman dan sahabatmu,  sebab setiap orang tentunya mempunyai kemampuan yang berbeda.

Kamu juga bisa memulai bisnis dengan jeli melihat peluang bisnis,  jangan takut memulai bisnis yang belum ada sebab bisa saja justru banyak orang yang membutuhkan jasa tertentu namun belum ada yang tertarik untuk menjadikannya sebagai bisnis.  Sebagai contoh yang paling mudah adalah adanya ojek online yang dimulai dari kejelian melihat peluang bisnis yang belum dilirik orang.

Nah, sudah mulai terbayang akan menekuni bisnis apa sebagai langkah awal menjadikan diri kamu sebagai wirausaha atau pebisnis?  Jangan ragu-ragu,  mulai saja dengan menentukan ide bisnis atau ide usaha yang cocok untukmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *