Displin Mengelola Keuntungan Usaha

Displin Mengelola Keuntungan Usaha

Disiplin Mengelola Keuntungan Usaha – Satu hal yang paling penting untuk bsa mengembangkan bisnis yang kamu jalani saat ini adalah dengan disiplin dalam mengelola keuntungan yang kamu peroleh.  Banyak pebisnis pemula,  terutama ibu rumah tangga yang berbisnis yang kemudian mengeluhkan bahwa hasil keuntungan dari bisnisnya kok tidak pernah kelihatan.

Keluhan itu adalah keluhan yang wajar dan umum terdengar dan inti permasalahannya adalah karena tidak ada perencanaan yang matang sedari awal untuk apa keuntungan dari bisnis ini akan dilakukan.  Seringkali karena merasa bisnis masih kecil maka perencanaan tidak dilakukan.  Nanti saja deh kalau bisnisnya sudah mulai besar.  Tanpa perencanaan yang matang maka bisnis sulit untuk bisa berkembang,

Seringkali juga keluhan pebisnis pemula adalah tidak adanya modal untuk mengembangkan usaha.  Ini pun kesalahan awal karena tidak merencanakan pengembangan bisnis seperti apa yang ditargetkan dan berapa modal yang dibutuhkan untuk itu.  Lagi-lagi tidak adanya perencanaan sejak awal.

Tips sederhana untuk mengelola keuntungan usaha  adalah dengan menentukan sejak awal bagaimana pembagian keuntungan yang diperoleh dari bisnis yang dijalankan.  Umumnya 30%-50% dikembalikan untuk menjadi investasi bagi pengembangan usaha.  Pengembangan usaha yang dimaksudkan disini,  bisa dalam bentuk penambahan dana untuk pembelian stock barang atau membeli laptop untuk memperlancar bisnis online atau juga cicilan pengembalian pinjaman (bila ada) dan sebagainya.  Setelah itu dari sisanya biasanya 20%-30% ditabung dan sisanya barulah dipergunakan untuk hal-hal lain yang sifatnya non-bisnis. Bila 50% dikembalikan untuk modal usaha + 30% ditabung maka sisanya adalah 20%.  Maka kita bisa membaginya kembali dengan misalnya saja 10% untuk tabungan pendidikan anak, 5% untuk tabungan jalan-jalan dan 5% untuk konsumsi lainnya.  Penentuan % ini sangat fleksibel tergantung pada tujuan awal berbisnis serta rencana pengembangan kedepannya.

Setelah menentukan pembagiannya maka disiplinlah mematuhinya.  Setiap akhir perhitungan keuntungan dilakukan,  maka bagilah sesuai dengan pos-pos yang ada.

Selamat mengembangkan bisnis ya.  Ingatlah bahwa disiplin adalah kunci dari semua keberhasilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *