Mau Sukses Ya Harus Disiplin

Mau Sukses Ya Harus Disiplin

Mau Sukses Harus Disiplin – Ya, itu kuncinya.  Perhatikan ‘gak,  mereka yang sukses adalah mereka yang punya disiplin tinggi. Perhatikan saja sejak jaman sekolah, mereka yang menduduki peringkat atas di kelas adalah mereka yang disiplin dalam belajar.  Meski mungkin mereka enggak harus kutu buku tapi mereka punya kedisiplinan yang tinggi untuk belajar dan bahkan dalam pemanfaatan waktu secara keseluruhan.

Agar bisa sukses berbisnis apalagi dong,  kita butuh kedisiplinan yang luar biasa.  Percuma saja kan kita membuat target (goal) dan rencana actionnya,  tetapi pada saat pelaksannannya, tanpa disiplin yang tinggi.  Fleksible itu bagus,  tetapi terlalu fleksibel juga enggak bagus.  Kesuksesan itu ibarat mendaki anak tangga yang kita tidak tahu dimana ujung atasnya, oleh karena itu -agar bisa segera- untuk mencapai puncaknya maka kita harus tekun meniti anak tangga demi anak tangga hingga kepuncaknya.

Kedisiplinan itu bukan ketrampilan dan tentu saja bukan bakat yang terberi sejak lahir.  Kedisiplinan itu harus dibentuk, harus dilatih dan harus dipaksakan.  Dipaksakan? Ya! Pernah dengar kan kata-kata penyemangat yang bilang “Bila kita tidak keras terhadap diri kita dalam menghadapi hidup ini, maka kehidupan ini yang akan memukul kita dengan keras”.  Itu artinya,  kitalah yang harus teguh dan kukuh untuk bisa menaklukkan dunia ini,  mencapai apa yang kita inginkan. Melatih diri untuk disiplin memang tidak mudah.  Ada saja hal-hal atau keadaan yang menggoda kita untuk melonggarkan keharusan dan seringkali,  satu kali dilepaskan maka kedisiplinan akan sulit lagi terbentuk.  Jadi paksalah diri kita untuk menjadi manusia yang disiplin.

Ingin sukses?

Yuk paksakan diri menjadi disiplin.

Temukan Peluang Bisnis dan Menjadi Sukses

Temukan Peluang Bisnis dan Menjadi Sukses

Dalam bukunya tentang 99 Perbedaan Cara Mengelola Waktu antara Milyader vs Orang Biasa,  Monica Anggen & Erlita Pratiwi berbagi satu fakta bahwa mereka yang sukses adalah mereka yang bisa menemukan peluang,  sementara orang biasa selalu sibuk mencari peluang.  Apa bedanya? (more…)

Pola Pikir Benar Tentang Kesuksesan

Pola Pikir Benar Tentang Kesuksesan

Pola Pikir Tentang Kesuksesan berbisnis tak selalu disebabkan oleh kegigihan berusaha saja,  ada satu faktor yang cukup menentukan yaitu CARA PIKIR kita terhadap kesuksesan itu sendiri. Berikut ini adalah 5 (lima) cara berpikir yang lebih tepat tentang kesuksesan yang harus kita tanamkan pada pikiran kita.

  1. Sukses tidak ditentukan oleh nasib
    Menjadi orang sukses dan kaya atau menjadi orang gagal dan miskin bukanlah karena nasib, melainkan karena pola pikir dan tindakannya yang berakibat pada keadaan sekarang. Untuk menjadi sukses dan kaya, orang harus berkemauan keras dan berusaha secara konsisten dari waktu ke waktu. Untuk mencapai sukses yang besar, Anda harus meniru cara berpikir dan cara kerja orang sukses, yaitu mulai dengan sukses-sukses kecil setiap waktu. Mengembangkan kemampuan juga akan mempermudah jalan menuju sukses dan kaya.
  2. Sukses adalah suatu kebiasaan
    Sukses bukanlah tujuan akhir, melainkan suatu proses perjalanan. Setiap keputusan dan tindakan jitu yang Anda lakukan sudah merupakan sebuah sukses. Sukses besar tidak dihasilkan hanya dari satu keputusan dan tindakan saja,tapi merupakan akumulasi dari setiap sukses yang diperoleh sehari-hari. Dengan demikian, sukses adalah suatu kebiasaaan positif di dalam hidup seseorang.
  3. Sukses adalah berpikir positif
    Orang sukses memiliki pola pikir positif yang lebih banyak dari kebanyakan orang. Mereka percaya bahwa mereka pantas mendapatkan yang terbaik dari yang terbaik, bahkan impian terliar mereka dapat terwujud. Mereka memiliki keyakinan yang tidak tergoyahkan bahwa keajaiban bisa terjadi, tapi mereka mengerti bahwa mereka harus benar berusaha agar hal itu bisa terjadi.
  4. Kegagalan adalah bagian dari sukses
    Orang sukses menganggap kegagalan hanyalah suatu kesuksesan yang tertunda. Kegagalannya akan mebuat bertambah pengalaman, kematangan, kegigihan yang pada akhirnya akan membuahkan keberhasilan.
  5. Orang sukses selalu berorientasi pada solusi
    Dalam hidup ini, orang tidak akan pernah lepas dari yg namanya masalah. Orang sukses meyakini bahwa di balik suatu masalah pasti ada peluang dan solusinya. Pola pikir seperti inilah yang membuatnya tahan uji dan tak mudah menyerah.

Kesuksesan bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk diraih, bila kita memiliki pola pikir seperti yang disebutkan. Jadi, sudah siapkah Anda untuk menjadi orang sukses?

 

(dituliskan kembali dari newsletter : Andriewongso)

8 Tips Sukses Berbisnis

8 Tips Sukses Berbisnis

Tips Sukses Berbisnis – Sudah punya bisnis? Sudah! Mau bisnisnya sukses? Ya mau dong! Siap untuk melakukan upaya agar sukses? Siap! Mau tau kunci suksesnya ? Nah ini dia 8 kunci sukses berbisnis. Mari kita cek n ricek apa kita sudah melakukan semuanya?

1. PASSION / HASRAT
Ini paling penting untuk bisa sukses. Lakukanlah – berbisnislah – hal yang benar-benar kita minati, yang benar-benar kita punya hasrat dan ketertarikan yang besar disitu. Jadi paling enak itu berbisnis yang sesuai dengan hobi atau kesenangan kita. Kenapa begitu? Soalnya klo sudah suka, sudah seneng pasti mau deh ngerjain apa aja. Sukses Berbisnis harus diawali dengan hasrat yang membara.

2. WORK / ACTION
Klo sudah punya bisnis atau minimal sudah tau nih mau bisnis apa. Nah yang harus dilakukan berikutnya adalah ACTION alias dikerjain jangan cuma direncanain, diangan-anganin, diurek-urek (mod: dicorat-coret) terus di kertas. Harus diKERJAKAN, ACTION harus jelas. Plan dibuat dan habis itu harus diikuti sama ACTION nyata ya.

3. FOCUS / FOKUS
Lakukan hal-hal yang direncanakan, hal-hal yang harus dilakukan dengan benar-benar memusatkan perhatian kita. Klo bahasa sananya “One at a time” alias fokus pada satu hal. Punya banyak ide boleh, tapi eksekusi satu persatu. Tips Sukses Berbisnis ini nih yang paling sulit dilakukan,  terutama bagi pemula yang rasanya pengen aja ngejalanin segala bentuk bisnis.

4. PUSH / DAYA DORONG
Untuk bisa ajeng dan konsisten mengerjakan hal2 yang harus dikerjakan maka kita harus punya “Daya Dorong”. Nah apa sih hal-hal yang bisa menjadi daya pendorong kita supaya konsisten dan enggak mandek atau males2an ngerjain bisnis kita? Banyak kok dan sifatnya memang sangat individual. Ada yang untuk masa depan keluarga, ada yang karena kepepet bayar hutang; ada yang mau ganti mobil ah banyak deh. Yang pasti temukan daya pendorong yang efektif bagi kita masing-masing.

5. IDEAS/ IDE-IDE
Gali terus ide-ide untuk mengembangkan, memperbaiki bisnis kita. Kadang satu dua cara yang terus menerus dilakuan memberikan hasil yang itu2 saja nah karena itu kita harus menemukan ide-ide baru dan setiap kali suatu ide muncul langsung dicatet dan dicobakan. Kadang ide-ide “gila’ bisa membawa hasil yang luar biasa lho.  Jangan batasi diri dalam menemukan ide bisnis yang paling tepat untuk kamu jalani.

6. IMPROVE / IMPROVISASI
Ini ada kaitannya sama no. 5 diatas. Kadang kita harus bisa melakukan perbaikan, pengembangan dalam bisnis kita yang bisa membuat kita tetap dicari oleh pelanggan, yang buat kita berbeda dari pesaing kita. Manusia itu pada dasarnya pembosan, jadi improvisasi akan selalu menarik perhatian orang.

7. SERVE / PELAYANAN
Nah, namanya berbisnis salah satu “jiwa’nya adalah MELAYANI. Harus bin kudu bin wajib buat para pebisnis untuk memberikan PELAYANAN TERBAIK kepada para pelanggan atau pengguna jasa. Pelayanan yang baik adalah kunci keberhasilan pebisnis untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Meski produk oke banget klo pelayanan gak oke biasanya sih pelanggan gak pada betah.  Kalau pembeli enggak balik lagi dan pelanggan kabur,  waduuuuuh alamat gagal deh Sukses Berbisnis nya

8. PERSIST / AJEG
Untuk bisa berhasil maka semua hal yang harus dan perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kita ini ya harus dilakukan secara “ajeg”. Harus ditekuni, diseriusi. Jangan “on”-“off”. Tahapan awal selalu yang tersulit tapi justru disitu “seni’nya, justru disitu “seleksi alamnya’. Hanya mereka-mereka yang mau tekun yang pasti akan berhasil.

Nah itu dia 8 Tips Sukses Berbisnis yang menjamin keberhasilan bisnis kamu, kira-kira sudah melakukan semuanya belum ya?

Hayoooo ….. Yuuuk sama2 kita introspeksi biar sama2 sukses ya.