Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah dasar dari segalanya, tanpa kepercayaan diri yang baik maka seseorang akan sulit untuk bisa meraih keberhasilan,  di dalam bidang apa pun. Mengapa kepercayaan diri menjadi hal yang sangat penting?  Apa yang membedakan orang yang memiliki kepercayaan diri  yang baik dengan yang tidak?

Kepercayaan diri adalah kemampuan seseorang untuk melihat dirinya secara tepat,  dimana ia memahami dengan baik hal-hal yang menjadi kekuatannya, sama baiknya dengan bagaimana ia memahami kelemahannya. Ia tahu persis bagaimana memanfaatkan kekuatan-kekuatannya demi meraih kesuksesannya dan ia pun paham bagaimana menutupi dan mengurangi sisi lemah dirinya, agar tidak menjadi penghalang keberhasilannya.

Kondisi inilah yang sungguh berbeda dengan mereka yang kurang memiliki kepercayaan diri yang baik.  mereka biasanya tidak memahami apa kekuatan dan kelemahannya.  Kebanyakan dari mereka bahkan tak bisa melihat sisi kelebihan atau kekuatan mereka dan merasa hanya penuh dengan kekurangan dan kelemahan saja.  Bayangkan bagaimana orang dengan pemahaman diri seperti ini bisa sukses, sulit sekali bahkan untuk hanya membayangkannya saja sudah sulit, apalagi dalam kenyataannya.

Lalu pertanyaannya adalah apakah kepercayaan diri tidak bisa dibentuk setelah usia beranjak dewasa? Tentu saja bisa.  

Tak ada yang tidak bisa diubah selama kita menyadari bahwa ada hal yang harus kita perbaiki dan kita mau melakukan perubahannya.

Membentuk atau meningkatkan kepercayaan diri memang tidaklah mudah, tetapi bukan sesuatu yang mustahil.  Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mengambil waktu untuk mencoba mengenali diri kita sendiri. Mungkin kita sudah puluhan tahun bersama diri kita, tetapi kita belum tentu benar-benar mengenal dan memahami diri kita.

6 Cara Yang Paling Mudah Untuk Mengenali Diri Kita

1. Menulis Kekuatan atau Kelebihan 

Ambil kertas lalu tuliskanlah 10 hal yang menurut Anda merupakan kekuatan atau kelebihan Anda. Bagaimana mengetahui sesuatu itu sebagai kekuatan atau kelebihan?  Mudah saja,  ingat-ingatlah saja hal-hal pada diri Anda yang selama ini mendukung keberhasilan-keberhasilan kecil Anda,  misalnya semasa sekolah Anda tidak pernah dimarahi guru karena Anda selalu mengerjakan PR,  bisa disimpulkan bahwa Anda punya kekuatan atau kelebihan (1) rajin dan (2) patuh,  Nah coba ingat-ingat lagi hal lainnya.

2. Tuliskan Juga Kelemahan atau Kekurangan

Ambil lagi secarik kertas yang lain lalu kali ini tuliskan 10 hal yang menurut Anda merupakan kelemahan atau kekuarngan Anda.  Ingat-ingatlah hal-hal yang mungkin sering membuat masalah dalam hidup Anda misalnya Anda mudah marah,  keras kepala dan sebagainya.

3. Minta Bantuan Pihak Ketiga

Mintakanlah orang lain yang menurut Anda cukup mengenal Anda dengan baik untuk juga menuliskan 10 hal yang menjadi kekuatan dan 10 hal yang menjadi kelemahan Anda.  Biarkan orang tersebut melakukan penilaiannya secara bebas.

4. Lakukan Perbandingan

Setelahnya,  lakukanlah perbandingan untuk melihat seberapa banyak kesamaan penilaian diri Anda terhadap diri Anda dibandingkan dengan penilaian orang lain terhadap Anda.  Hal-hal yang sama,  baik pada kekuatan atau kelemahan,  adalah kebenaran obyektif tentang diri Anda,  Anda bisa menjadikan hal itu sebagai dasar Anda untuk membentuk kepercayaan diri Anda.

5. Fokuslah Pada Kekuatan

Teruslah menggali potensi agar kekuatan Anda tergali keluar.  Jadikanlah kekuatan-kekuatan Anda sebagai bekal Anda untuk menjalani apa pun yang akan Anda lakukan.

6. Jadikan Kelemahan Sebagai Pengingat Saja

Tidak usah pusing dengan segala kelemahan Anda.  Anda toh sudah mengenalinya sekarang, tugas Anda hanyalah belajar untuk mengontrolnya agar jangan muncul dan menghambat Anda.

Enam langkah diatas adalah cara meningkatkan kepercayaan diri yang sederhana,  tetapi cobalah Anda lakukan dengan sungguh-sungguh maka Anda akan rasakan manfaatnya.

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah selalu memotivasi diri Anda agar kepercayaan diri Anda terus terbentuk, ucapkanlah kalimat penyemangat setiap pagi untuk diri Anda dan selalulah bersyukur dan yakin bahwa kesuksesan pasti akan Anda raih. Lakukanlah cara meningkatkan kepercayaan diri  di atas secara konsisten setiap harinya.

Selamat mencoba dan semoga Anda bertambah baik kepercayaan dirinya,

[wrdsbanner id=’BanPostKDR’]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *