ATUR WAKTU YUK!

ATUR WAKTU YUK!

Atur Waktu Yuk – Banyak kegagalan bisnis bukan karena produknya enggak keren atau enggak laku dipasaran,  tetapi lebih karena sipelaku bisnis yang tidak bisa mengelola waktu dengan baik.  Akibatkan bisnis jadi enggak keurus dengan baik.  Nah  sebagai Ibu Rumah Tangga yang berbisnis,  ketrampilan membagi waktu ini menjadi ketrampilan yang harus banget dimiliki.

Bingung bagaimana caranya?  Nah berikut ini cara praktis supaya Anda bisa mengatur dan mengelola waktu Anda secara efektif dan efisien,  agar keluarga dan rumah keurus dan bisnis juga tetap kepegang rapih :

  1. Tuliskan dengan detil semua pekerjaan yang anda lakukan selama ini setiap harinya. Tuliskan semuanya selengka-lengkapnya.
  2. Periksa lagi, Yakin ya sudah tidak ada yang terlewatkan.
  3. Nah sekarang kelompokkanlah pekerjaan-pekerjaan itu. Mana yang termasuk pekerjaan rumah tangga; (seperti : nyapu; ngepel, ngosek kamar mandi, nyuci baju, njemur, cuci piring dan sebagainya); pekerjaan luar rumah (misalnya : pengajian, kegiatan majelis taklim; jemput anak sekolah dan sebagainya); pekerjaan bisnis (misalnya anda punya bisnis)
  4. Di dalam kelompoknya masing-masing urutkan pekerjaan pekerjaan tersebut berdasarkan skala prioritasnya dan berilah label dibelakang tiap pekerjaan anda sebagai berikut:
    • Prioritas (P) – pekerjaan yang tidak bisa di tunda, bila di tunda akan membuat berantakan.
    • Penting (PT) – pekerjaan yang harus dikerjakan, bila tidak dikerjakan berdampak pada pekerjaan lainnya.
    • Tidak Penting (TP) – pekerjaan yang mau dikerjakan ataupun tidak, tidak berdampak apa-apa.
    • Sangat Tidak Penting (STP) – pekerjaan yang anda lakukan pun tidak ada manfaatnya.

Sudah diberi label dan diurutkan? Ok, lanjut!

  1. Coretlah dari daftar tugas harian anda, semua pekerjaan dengan label TP dan STP. J Nah sudah berkurang banyak kan?  Jangan-jangan daftar tugas anda tinggal separuhnya.
  2. Buat estimasi waktu mengerjakan setiap pekerjaan yang masih ada dalam daftar anda. Berapa waktu yang anda butuhkan untuk beberes rumah? Berapa jam untuk mencuci pakaian dan menjemur? Berapa waktu dibutuhkan untuk memasak dan sebagainya.  Untuk pekerjaan yang tidak harus dilakukan setiap hari tentukan juga kapan anda menjadwalkan untuk melakukannya? Misalnya : mengganti sprei kamar tidur semuanya – 75 menit – Rabu.
  3. Buatlah penggunaan waktu anda menjadi lebih efisien. Gimana cara?  Gabungkanlah 2 atau 3 pekerjaan yang dapat dilakukan bersama-sama.

Misalnya :

  • Mencuci pakaian (dengan mesin cuci) bisa dilakukan bersamaan dengan bebersih rumah.
  • Mencuci piring sekaligus dengan menyiapkan bahan-bahan untuk dimasak dan memasak
  • Mengurus jualan online sambil memeriksa ulang PR anak sambil mencari resep untuk menu esok hari.

Aturlah waktu dengan efisien. Ingat pepatah, “Satu kali mengayuh sampan, dua tiga pulau terlampau”.  Nah itu yang harus anda lakukan!

  1. Berdasarkan estimasi waktu dan penggabungan 2 atau 3 pekerjaan yang sudah anda buat di tahap 6 dan 7 maka urutkanlah pelaksanaan setiap pekerjaanke dalam jadwal kegiatan harian anda.

INGAT! Jangan lupa memasukkan ke dalam jadwal anda waktu untuk anda istirahat, makan, menghibur diri dan beribadah J, Anda kan bukan robot!  Anda juga tetap harus punya waktu untuk suami dan anak-anak. Nah coba periksa kembali kegiatan anda.  Sudahkah semuanya masuk?

  1. Langkah yang terakhir adalah yang terpenting yaitu LAKSANAKAN KEGIATAN HARIAN ANDA SESUAI JADWAL YANG SUDAH ANDA TENTUKAN SENDIRI! Butuh kedisiplinan dan komitmen yang tinggi untuk bisa melakukannya. Apa pun itu anda harus mencoba melakukannya.

Mengatur waktu seperti diatas memang cukup sulit bila anda tidak terbiasa.  Pada awalnya anda akan cukup kesulitan untuk mematuhinya,  tetapi tetaplah mencoba setelah satu bulan anda pasti akan terbiasa dan mulai merasakan efek positifnya.

 

YUK, ATUR WAKTU ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *